Warga Tapandullu Persoalkan Data Kependudukan Ganda

0

SuryatopNews.com – Mamuju – Penomena Catatan administrasi kependudukan, baik berupa kartu tanda penduduk (KTP) maupun kartu keluarga (KK) dianggap bermasalah khususnya di Kabupaten Mamuju.

Seperti yang ada Masyarakat Desa Tapandullu Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju dimana ditemukan data kependudukan yang ganda berupa Kartu Keluarga,hal itu disampaikan oleh salah satu tokoh masyarakat Desa Tapandullu Haris.

Hal ini kami temui dimana ada salah satu warga yang punya kartu keluarga ganda, satu berdomisili di desa Sumare dan satu kartu keluarga di desa Tapandullu,”ujar Haris.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Asri yang merupakan aparat desa Tapandullu, dimana itu kita temukan pada saat Pilkades kemarin, ada pemindahan data pemilih dimana salah satu warga berdomisili di Desa Sumare namun pada saat Pilkades kemarin dia juga memilih di Desa Tapandullu dengan alasan bahwa dirinya punya kartu keluarga di Desa Tapandullu.

Ditempat yang sama Najamuddin yang merupakan Kepala Dusun Kampung Baru Desa Tapandullu juga menyebut bahwa memang ada salah satu warga yang memiliki kartu keluarga ganda, satu di Desa Sumare dan yang satunya di Desa Tapandullu.

Sehingga hal ini kami pertanyakan sebab tentu bagaimana bisa pihak Disdukcapil Kabupaten Mamuju menerbitkan kartu keluarga baru sementara tidak ada surat keterangan pindah atau rekomendasi dari desa yang awalnya dalam hal ini desa Sumare.

Pihak kami sudah melakukan komunikasi dengan aparat Desa Sumare , namun mereka mengakui bahwa tidak pernah menerbitkan surat keterangan berupa pindah domisili ataupun rekomendasi untuk pengurusan kartu keluarga, sehingga hal ini tentu membingunkan masyarakat sebab kita tidak mau kejadian ini kembali terulang.”papar Najamuddin yang merupakan Kepala Dusun Kampung Baru Desa Tapandulllu Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

Untuk diketahui bahwa Kartu Tanda penduduk yang ditemukan ganda oleh masyarakat itu diterbitkan pada tanggal 3 juli 2013 sebagai warga desa Sumare dan kartu keluarga yang sebagai warga Tapandullu itu diterbitkan pada tanggal 23 mei 2017 dengan satu kepala keluarga.

Hingga berita ini diturunkan upaya untuk melakukan konfirmasi kepada Disdukcapil Kabupaten Mamuju belum membuahkan hasil.

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda