Tak Dapat Perhatian Serius, Lima Pulau Di Mamuju Terancam Habis Digerus Abrasi

0
Kamaluddin ( Kepala desa Bala - Balakang induk)

Mamuju, – SuryatopNews.com -Garis Pantai Pulau Bala-Balakang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat kini terancam hilang akibat tergerus abrasi yang sejak beberapa tahun lalu.

Menurut Kepala Desa Bala-Balakang Induk Kamaluddin mengatakan, ada 5 Pulau yang terancam abrasi yang masuk dalam bagian Bala-Balakang Induk diantaranya Pulau Popoongan, Pulau Sabakkatang, Pulau Samataha,pulau Saboyyang dan Pulau Salissingan.

“Dengan melihat kondisi saat ini tentu sangat memprihatinkan, sehingga selaku pemerintah Desa Bala-Balakang Induk sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Mamuju untuk bisa memperjuangkan atas kondisi pulau tersebut.

Salah satu Pulau yang ada di Kepulauan Bala Balakang Mamuju (Sumber Foto : FB Abdul Wahab).

Sebelumnya pemerintah Kabupaten Mamuju dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati Mamuju sudah pernah melihat langsung pulau yang terancam abrasi ini, termasuk gubernur Sulawesi Barat dan pada saat itu juga bertepatan masuknya Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Mamuju telah mengambil gambar pada sejumlah pulau yang terancam abrasi.Namun sampai saat ini belum ada realisasi selanjutnya.”Terang Kamaluddin.

“Sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi, maka sebaiknya ada pemecah ombak seperti batu gajah, karena kondisi ombak yang sangat besar itu bisa mengikis pulau yang ada.”Imbuhnya.

Meski kami sudah pernah mencoba melalui dana Desa, namun tentu tidak cukup untuk pembangunan tersebut sebab itu memerlukan anggaran yang cukup besar.”Kunci Kamaluddin Jumat (31/08).

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda