Saatnya Pemuda – Pemudi Sulbar Mengawal Pembangunan

0

SuryatopNews.com – Opini -Oleh :  Wirani sastri fahrezhy -Aktivis Perempuan Sulbar – Pemuda atau pemudi merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga. Pemuda juga berperan dalam perang kemerdekaan untuk merebut  Kemerdekaan Indonesia 17. Begitulah kira – kira yang sering terdengar ditelinga kita hampir disetiap saat.

Betapa istimewanya pemuda pemudi Indonesia sehingga dia senantiasa diidentikkan dengan dengan perubahan. Betapa tidak, peran pemuda dalam membangun bangsa ini, peran pemuda dalam menegakkan keadilan, peran pemuda yang menolak kekuasaan. Dengan spirit tersebutlah pemuda pemudi kemudian semestinya mampu mengambil peran khususnya dalam mengawal proses pembangunan yang ada dalam bangsa kita saat ini.

Jika kita ingin merefleksi histori dimana telah tercatat kiprah pemuda-pemudi yang tak kenal waktu, yang selalu berjuang dengan penuh semangat, biarpun jiwa raga menjadi taruhannya. Indonesia merdeka berkat pemuda-pemuda Indonesia yang berjuang, seperti Ir Soekarno, Moh Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo, dan lain-lain dengan penuh semangat perjuangan. Dari refleksi histori inilah kemudian penulis ingin mengajak para pembaca yang budiman untuk menelisik lebih jauh jika hal ini ditarik keranah daerah Provinsi Sulawesi Barat.

Saat ini di Sulbar kita sudah memiliki nahkoda baru dibawah kepemimpinan bapak Ali Baal Masdar dan Enny Angraeny Anwar sebagai gubernur dan wakil Gubernur, masyarakat Sulawesi Barat telah mencatat semua janji – janji politik beliau saat mereka kampanye termasuk kita sebagai pemuda – pemudi . Progresifitas pemerintah dalam memenuhi janji politiknya tentu sudah menjadi sebuah kewajiban kita dalam mengawal, mengawasi demi terciptanya good governance, kepemerintahan (pengurusan pemerintah) yang baik.

Disinilah pentingnya adanya sebuah instrumen gerakan pemuda pemudi khususnya di Sulbar yang memadukan antara mobilisasi kepentingan masyarakat ke dalam kebijakan pembangunan daerah (pendampingan/pemberdayaan) politik masyarakat lokal, dan kontrol, sekaligus peningkatan kapasitas aparat pemerintah daerah, tidak mustahil untuk menjadi pilihan gerakan pemuda pada tingkat lokalitas.

Dengan posisi pemuda pumudi yang sangat strategis dalam pembangunan daerah, lebih jauh harus diturunkan dalam bentuk lebih nyata. Seperti sifat, “primordialnya” (lahiriahnya) pemuda yang pada puncak mobilitas gerakan paling tinggi, sangat berpeluang mengisi peran perekat antar wilayah. Peran mengintegrasikan elemen masyarakat daerah dalam pembangunan, juga menjadi pilihan yang seharusnya mampu dilakukan dengan baik.

Pemuda pumudi dan pembangunan daerah ditambahkannya, sejalan dengan semangat desentralisasi, dengan pelimpahan kekuasaan dan wewenang yang lebih luas kepada pemerintah daerah, membuka kesempatan bagi setiap masyarakat mengisi pembangunan daerah. Nah disinilah kemudian Pemuda sebagai elemen penting masyarakat dalam pembangunan daerah, sudah sepatutnya memaknai dan mewarnai setiap kebijakan pembangunan daerah. Disinilah pentingnya pemuda memposisikan diri dan mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini termasuk mengawal dan mengawasi jalannya proses pembangunan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang maju dan Malaqbi sebagaimana komitmen awal dari Gubernur dan Wakil Gubernur.

Comments

Tinggalkan Komentar anda