Perbaikan Feri Mini Akan Diusulkan Di Anggaran Perubahan

0
Drs . Habsi Wahid,MM ( Bupati Mamuju)

Mamuju, – SuryatopNews.com – Alat Transportasi laut pengadaan Kapal Feri Mini yang menelan anggaran sebesar Rp 1.761.474.000,00 turut menjadi sorotan seluruh fraksi yang ada di Kabupaten Mamuju.

Menanggapi akan hal tersebut Bupati Mamuju Drs. Habsi Wahid, MM mengatakan, pengadaan kapal Feri mini melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Mamuju telah dilaksanakan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan speack yang telah ditentukan, namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim auditor BPK RI perwakilan Sulbar ditemukan beberapa item kegiatan yang tidak dikerjakan yang menimbulkan kerugian daerah sebesar Rp 136.496.440,00.

Kerugian ini terdiri dari kelebihan pembayaran atas pekerjaan sebesar Rp 73.522.100,00 dan kekurangan volume pekerjaan sebesar Rp 62.974.333,60.Dimana atas temuan tersebut pihak rekanan telah mengembalikan dan menyetor seluruhnya ke kas daerah.”Jelas Habsi.

Lebih jauh Habsi menjelaskan bahwa kapal tersebut belum diserahkan secara resmi kepada pemerintah daerah karena masih dalam tahap pemeliharaan dan uji coba oleh pihak rekanan, dan saat dilakukan pemeriksaan melalui tim P2HP pada tanggal 27 desember 2017 dimana pada saat kapal berada di darat.

Dan setelah pihak rekanan melakukan olah gerak di laut ternyata masih terdapat kebocoran dibeberapa titik, sehingga membutuhkan perbaikan dan pihak rekanan bertanggung jawab penuh terhadap segala kerusakan dan kebocoran sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama.”Papar Habsi.

Terkait upaya untuk mengoperasionalkan kapal tersebut, dirinya mengaku bahwa kapal akan dioperasionalkan apabila telah diserahkan secara resmi oleh pihak rekanan dan setelah melalui masa pemeliharaan dan uji coba.”Ujar Habsi.

Selain itu segala kekurangan yang telah ditemukan oleh tim auditor BPK dapat dianggarkan kembali melalui APBD perubahan 2018, termasuk sejumlah dokumen kelengkapan sebagai dasar beroperasi kapal tersebut akan dilengkapi.”Terangnya.

Saat ditanya besaran anggaran perbaikan yang akan kembali diusulkan di anggaran perubahan 2018 nanti, dirinya belum mengetahui .

“Ia kita belum mengetahui, karena harus ada kajian tekhnis dari Dinas perhubungan terlebih dahulu.”Kunci Habsi Selasa (31/07).

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda