Pengukuhan Putra Mahkota Kerajaan Mamuju, Diwarnai Dengan Aksi Demo

0

SuryatopNews.com – Mamuju – 12 Juli 2017 seolah merupakan hari yang bersejarah dalam prosesi pengukuhan putra Mahkota kerajaan Mamuju dan sekaligus pelantikan sejumlah perangkat adat lainnya.

Prosesi pengukuhan putra mahkota kerajaan Mamuju ini dan pelantikan sejumlah perangkat adat lainnya yang dilaksanakan di rumah adat Mamuju diwarnai aksi demonstrasi oleh sejumlah massa yang merupakan keluarga besar  Andi Rotja Baharia Dai yang merupakan anak pertama dari Djalaluddin Amna Inda.

Andi Putra Manakarra dalam orasinya melayangkan kritik cadas atas prosesi pengukuhan putra Mahkota kerajaan Mamuju dan pelantikan sejumlah perangkat adat lainnya.

” Terkait adanya pengukuhan putra Mahkota kerajaan Mamuju dan perangkat adat lainnya kami sangat menolak keras, dengan alasan tidak adanya komunikasi atau pelibatan sebahagian keturunan Djalaluddin Amna Inda dalam hal ini kami yang juga merupakan keturunan langsung dari beliau,”tegas Andi putra Manakarra.

Dalam kerajaan Mamuju tidak ada yang dikenal dengan Putra Mahkota, dan proses penempatan perangkat adat yang saat ini itu tidak sesuai dengan aturan adat yang sebenarnya, sehingga kami dari cucu Djalaluddin Amna Inda menolak keras atas pengukuhan putra Mahkota dan pelantikan perangkat adat yang saat ini dilaksanakan,”jelas Andi Putr Manakarra.

Prosesi pengukuhan putra mahkota yang menobatkan Andi Akram Dai sebagai putra mahkota adalah kami menilai itu tidak sesuai, dan kami tegaskan bahwa tidak ada sangkut pautnya dengan pemerintah Kabupaten Mamuju dalam prosesi adat Mamuju.”tegas Andi Putra Manakarra .

Untuk diketahui bahwa sempat terjadi aksi saling dorong antara massa aksi dengan aparat keamanan beruntung hal ini berhasil diredam.

Adi

Comments

Tinggalkan Komentar anda