Muh. Irsan Ab ; Mengajak Generasi Muda Kembangkan Budaya Lokal Ditengah Arus Moderenisme.

0

SuryatopNews.com – Dengan gencarnya arus moderenisme yang ditandai dengan hadirnya kecanggihan teknologi,tentu akan mengantarkan kita pada sejauh mana kemampuan kita dalam menahan agar tak terbawa arus tersebut.

Lahirnya modernisasi di dalam masyarakat kita telah sedikit banyak merubah cara pandang dan pola hidup masyarakat, sehingga peradaban yang tercipta merupakan duplikasi budaya masyarakat barat yang cenderung berjiwa konsumtif dan hedonis serta terkadang manafikan nilai-nilai lokal yang selama ini dibangun oleh para pendahulu kita.

Melihat hal tersebut mengundang tanggapan dari Tomakaka Sondoang yakni Muh.Irsan Ab S.pd dimana dirinya memiliki cara pandang bahwa Berbagai macam fenomena kehidupan yang terjadi di lingkungan masyarakat dewasa ini, telah mengilustrasikan suatu keadaan yang mencerminkan layaknya kehidupan masyarakat dunia barat dan telah menggeser kedudukannya dari budaya kelokalan yang telah eksis sebelumnya terkhusus didearah yang kita cintai ini yakni Sulawesi Barat.

Dalam frame berfikir Tomakaka Sondoang ini dirinya menginkan bahwa ditengah arus moderenisasi tentu kaum muda harus tetap menjaga keutuhan budaya lokal yang sedikit demi sedikit akan tergerus oleh hadirnya moderenisme, selain itu kitapun tidak menginginkan masyarakat khususnya generasi muda terkena dampak dan bertekuk lutut dihadapan budaya moderenisme yang cenderung akan mendistorsi adat dan kebudayaan lokal yang selama ini dibangun diatas nilai-nilai.

Kepala Desa Sondoang Muh Irsan Ab, S.pd yang juga merupakan Tomakaka Sondoang ini saat berdiskusi dengan tim redaksi SuryatopNews minggu 14/O2 kemarin mengatakan, bahwa kita tidak anti terhadap perkembangan saat ini, namun semestinya kita harus jelih melihat arus moderenisme yang sudah mulai mendistorsi adat dan kebudayaan.

”Terkhusus di Desa sondoang, kami sangat menjunjung tinggi nilai – nilai adat dan kebudayaan, sebab didalamnya masih mengandung nilai- nilai persaudaraan dan kemanusiaan.” Sebut Irsan Ab.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa banyak contoh sistem adat yang kami masih lakukan,seperti ketika dalam sebuah masyarakat ada permasalahan itu terkadang terlebih dahulu diselesaikan secara kekeluargaan yang di ikat dengan sistem adat, terang Irsan ab Tomakaka Sondoang ini.

Kita tentu berharap bahwa para generasi muda akan senantiasa menjaga dan mengembangkan budaya lokal ditengah arus moderenisme bukan justru terseret hingga tampa sadar merubah pola pikir dan gaya hidup kearah kebarat-baratan yang notabene sebagai masyarakat lebih modern.”tutup Muh. Irsan Ab S.pd yang juga akrab di sapa pakde ini.

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda