Menjaring Gurita Broker Proyek Di ULP Mamuju

0

SuryatopNews.com – Mamuju – Keberadaan Unit Layanan Pengadaan (ULP)/Kelompok Kerja (Pokja) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan infrastruktur. Olehnya itu, bukan hanya profesionalitas anggota ULP/Pokja PBJ perlu terus ditingkatkan, transparansi harus benar-benar ditegakkan.

Akan tetapi, meski Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, telah menggalakkan modernisasi dan integritas unit ULP, hal berbeda justru terjadi di lingkup ULP Pemkab Mamuju. ULP ini justru ditengarai menjadi gurita bagi-bagi proyek layaknya “broker”.

Adalah salah satu fakta buram yang ada di Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Mamuju, dimana diduga telah terjadi upaya jual beli proyek yang dilakukan oleh salah satu oknum berinisial RS.”hal ini disampaikan oleh salah satu kontraktor yakni AS.

Ada proyek yang kemudian di tender, oknum RS inilah kemudian meminta uang kepada para kontraktor dengan menentukan bahwa ini paketmu , atau dengan kata lain ada jual beli paket proyek tersebut.”ujar As.

Lebih jauh AS menambahhkan bahwa jangankan paket proyek yang sementara dalam proses , yang sementara dikerja oleh orang saja itu masih bisa diganggu oleh oknum RS ini.

Saya pernah ditelpon oleh Rs ini, ‘dia mengatakan kalau kau punya uang paket ini kau ambil, tetapi saya jawab saya tidak punya uang silahkan ambil kembali pekerjaan itu,”beber AS.

Yang lebih parahnya adalah ada salah satu proyek pengadaan alat – alat kesehatan yang katanya sudah diperintahkan oleh bupati Mamuju untuk dikelolah oleh RS, namun saat RS menghubungi Pak bupati untuk memastikan apakah pekerjaan tersebut atas perintahnya namun Bupati tidak membenarkan hal itu.”terang AS.

Pada intinya oknum yang bermain dalam jual beli proyek ini perlu ditelusuri, sebelum tidak banyak korban yang bermunculan.”harap AS.

Sementara Bupati Mamuju Drs H. Habsi Wahid saat dikonfirmasi untuk menanggapi akan adanya hal ini dari tanggal 20 – hingga 21 juni via WhatsaApp belum ada jawaban.

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda