KPU Sesulbar Ikuti Bimtek Hukum PHPU 2019

0
Kegiatan Bimtek KPU .

Bogor, – SuryatopNews.com – Kegiatan Bimbingan teknis hukum acara penyelesaian acara perselisihan hasil pemilihan umum tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Mahkama Konstitusi berlangsung di Bogor.

Kegiatan yang dimulai 8-10 oktober 2018 ini diikuti oleh Peserta bimtek Hukum PHPU tahun 2019 angkatan ke 3 diantaranya Kpu se provinsi Sumatra Utara,Jambi,Riau,DKI Jakarta,Jawa Barat,Kalimantan Selatan,Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Maluku Utara

Bimtek yang dibuka langsung oleh Wakil Ketua Mahkama Konstitusi Prof Dr. Aswanto yang dipusatkan di Pusdiklat Pancasila dan Konstitusi Cisarua Bogor Jawa Barat.

Komisioner KPU Mamuju Devisi Hukum Ahmad Amran Nur mengatakan, bimtek ini bertujuan untuk membekali peserta dari divisi hukum KPU dalam mengantisipasi adanya gugatan PHPU di MK. “Yang diberikan kewenangan oleh UUD untuk memutus perkara perselisihan hasil Pemilu.

Sementara itu Wakil Ketua MK, Prof dalam sambutan pembukaannya mengatakan, bahwa ada empat kewenangan MK yang diberikan Konstitusi berdasarkan pasal 24c. Yakni, pengujian undang-undang terhadap UUD, sengketa kewenangan antar lembaga, memutus perselisihan hasil Pemilu, serta pembubaran Partai Politik.

“KPU adalah bagian yang sangat strategis dalam mewujudkan pemerintahan yang sangat demokratis. Personil KPU yang melaksanakan tugas secara profesional perlu diberi penghargaan sebagai “Pahlawan Demokrasi,”Ujar wakil ketua MK ini.

“Tugas KPU berat, sering berkelakar bahwa komisioner KPU paling kurang harus mempunyai dua jantung. Karena sering mendapat protes dari banyak pihak tak peduli benar salah.”Kata Aswanto.

Terkhusus KPU Se-Provinsi Sulawesi Barat dirinya berharap ada upaya mengantisipasi hasil perselisiha di pemilu.

Sulkifli.

Comments

Tinggalkan Komentar anda