KPU Mamuju Diuber Deadline, Sejumlah Parpol Belum Lengkapi Berkas

0
Hamdan Dangkang ( Ketua KPU Mamuju).

Mamuju, – SuryatopNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju seolah telah diuber deadline,  atas perbaikan berkas Bakal Calon legislatif pada selasa (31/07) yang merupakan waktu terakhir

“Proses penyerahan perbaikan berkas dari sejumlah partai politik yang ada yang kemudian akan dilakukan verifikasi untuk ditetapkan sebagai Daftar Caleg Sementara (DCS) juga mendapat pengawalan dari Panwas Kabupaten Mamuju.

Ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdan Dangkang saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, tadi kami sudah menerima berkas perbaikan ke 16 partai politik yang ada dan setelah kami memeriksa berkas dari partai yang ada, memang ada beberapa partai yang masih belum lengkap seperti PSI yaitu surat kesehatan belum ada.

Namun itu masih dalam proses perjalanan dan mereka sudah sempat memperlihatkan foto, sehingga kami perintahkan untuk membuat surat pernyataan agar menghadirkan paling lambat besok pagi .Dan inikan hanya persoalan tekhnis dan mereka juga sudah upload ke Silon .”Kata Hamdan.

Selain itu ia menjelaskan bahwa ada juga berkas sejumlah bacaleg berupa Ijazah yang belum dilegalisir dan memang ada juga partai yang berkas calonnya sama sekali belum lengkap.”Ujar Hamdan .

Saat ditanya soal partai yang berkas calonnya belum lengkap dirinya menyebut bahwa, itukan masih ada tahap verifikasi kami ditingkat KPU nanti pada tanggal tanggal 1 sampai 7 Agustus ini, jadi ada waktu kami memeriksa berkas itu sah atau tidak, dan setelah itu baru kami menggelar pleno untuk penetapan daftar calon sementara (DCS).

Lebih jauh Hamdan memaparkan bahwa dari beberapa parpol yang telah menyerahkan proses perbaikan berkas hingga pukul 01 lewat, baru sekitar 14 parpol yang dinyatakan memenuhi syarat, tersisah partai Amanat Nasional Dan PSI .

Adapun permasalahan dari Partai Amanat Nasional dimana untuk dapil III dari 7 bacaleg yang diajukan hanya 1 yang berkasnya dinyatakan lengkap yaitu Lalu Syamsu Rijal sementara 6 yang lainnya termasuk kuota perempuan itu berkasnya belum lengkap.”Urai Hamdan.

Dan perlu dipahami bahwa meskipun beberapa calonnya sudah melengkapi berkasnya, jika kuota perempuannya tidak memenuhi , maka secara otomatis akan mempengaruhi keseluruhan calon yang diusung di dapil tersebut.”Sebut Hamdan.

Sementara saat ini partai yang dianggap belum memenuhi syarat yakni PAN pihak mereka meminta waktu dan akan menyelesaikan pada dini hari ini, jadi kami belum bisa pastikan apakah mereka akan mengalami kekosongan pada dapil III.” Simpul Hamdan .

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda