Ketua Umum HmI Cabang Manakarra, Mengecam 5 Bupati Dan Wakil Gubernur Sulbar

0

Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Cabang Manakarra mengecam tindakan 5 bupati dan wakil gubernur atas video menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan presiden dan wakil presiden.

Menurut Sopliadi atau Ketua Umum HmI Cabang Manakarra, Terkait beredarnya video 5 bupati dan salah seorang Wakil Gubernur di Sulbar yang telah menyatakan sikap sebagai kepala daerah di beberapa tempat di Sulbar dan salah satu Wakil Gubernur di Sulbar menjadi sebuah hal yang sangat mencederai institusi lembaga negara.

Lanjut, Karena ketika merujuk kepada UU No 7 tahun 2017 sangat jelas pada pasal 283 ayat
(1) pejabat negara, pejabat struktural, dan pejabat fungsional dalam jabatan negri serta aparatur sipil negara lainnya dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan Kanada peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye.
(2) larangan sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1)meliputi ajakan, imbauan, atau pemberian barang kepada aparatur sipil negara dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga dan masyarakat. kemudian diatur juga dalam pasal 64 PKPU nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum, mereka jelas-jelas melanggar PKPU No 23 tahun 2018, pasal 64 Ayat
(1) yang memberikan ketegasan bahwa melaksanakan kampanye, Presiden dan Wakil Presiden, pejabat negara dan pejabat daerah dilarang menggunakan fasilitas negara.
(2) huruf b dijelaskan bahwa fasilitas negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sementara huruf d, fasilitas lainnya yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga tidak boleh digunakan untuk kampanye.

Sementara itu dia juga menjelaskan ketika kita Mengacu UU No 7 tahun 2017 dan PKPU No 23 tahun 2018 saya menduga ada tindakan pelanggaran, maka dengan ini HmI sebagai lembaga OKP nasional yang telah mendapat sertifikasi dari Bawaslu RI meminta kepada Bawaslu Kabupaten Mamuju dan Bawaslu Provinsi Sulbar agar segera memanggil pejabat tersebut, Tegasnya.

Sulkifli.

Comments

Tinggalkan Komentar anda