Kemelut Di Internal, Sejumlah Kader NasDem Memilih Mundur

0
Lalu Syamsul Rijal ( Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Mamuju)

Mamuju, – SuryatopNews.com -Dalam partai politik senantiasa melahirkan sejumlah tokoh politisi yang memiliki kiprah yang besar.

Salah satunya adalah Lalu Syamsul Rijal yang pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Mamuju selama dua periode ,tentu masih memiliki peranan penting dalam kanca perpolitikan khususnya di Kabupaten Mamuju ini.

Surat Pengunduran Diri Lalu Syamsul Rijal
Surat Pengunduran Diri Lalu Syamsul Rija

Sejak bergabungnya di Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Mamuju tahun 2017 lalu, politisi senior ini akhirnya kembali memilih hengkang dari partai besutan Surya Paloh.

” Iya betul Insya Allah dalam waktu dekat ini saya akan serahkan surat pengunduran diri ke DPD Partai NasDem,” kata Lalu Syamsul Rijal saat di konfirmasi dikediamannya Jumat (22/6).

“Perlu kami jelaskan bahwa sebenarnya kami di NasDem kita sudah bekerja maksimal, seluruh pengurus DPD mulai dari ketua, OKK, Bappilu itu sudah bekerja. Mulai dari rekrutmen pengurus sampai pada penyusunan Bacaleg tetapi dalam perjalanannya bacaleg yang telah kita susun di tingkat DPD Kabupaten Mamuju itu ternyata setelah dikoordinasikan oleh ketua DPD yakni Kakak Malik Ballako itu ternyata terjadi perubahan yang sangat signifikan.” Terang Lalu Syamsul Rijal yang juga merupakan ketua Bappilu DPD Partai NasDem Kabupaten Mamuju ini.

Lebih jauh Lalu menyebut bahwa saat saya tanyakan kepada Kakak Malik Ballako kenapa terjadi seperti demikian, beliau menyebut bahwa itu DPW yang merubah. Padahal kita sudah melakukan kajian yang konfrehensif terhadap bacaleg – bacaleg yang akan maju di partai NasDem.

Kajiannya tentu dengan beberapa indikator pertama kita tidak melupakan kader, kedua adalah kita rekrut tokoh masyarakat tokoh pemuda tetapi faktanya lain, sehinga itulah yang membuat kami selaku pengurus DPD seakan – akan dianggap tidak ada.”Ujar Lalu Syamsul Rijal.

Dalam hal ini kami selaku ketua Bappilu sudah mempersentasekan terhadap bacaleg yang ada, namun rupanya dari teman – teman pengurus Wilayah tidak mendengar apa yang kita sampaikan, sehingga saya berharap dengan mundurnya saya sebagai ketua Bappilu DPD Partai NasDem semoga partai NasDem dengan bacaleg yang direkomendasi mendapat tempat di hati masyarakat karena saya pikir masyarakat Kabupaten Mamuju adalah masyarakat yang cerdas.”Papar Lalu Syamsul Rijal.

Dirinya menambahkan bahwa sebenarnya yang melakukan penjaringan itu adalah DPD tetapi mekanismenya disampaikan ke DPW lalu kemudian DPP, tetapi apa yang kita hasilkan itu ada perubahan.

Saya teringat betul pada setiap mengikuti pelatihan di tingkat DPP partai NasDem itu nanti urutan 1,2,3 dan seterusnya itu mengacu pada hasil survey. Nah pertanyaannya adalah jika kita mengacu pada hasil survey yang merupakan salah satu indikator dimana hasil surveynya dan dari lembaga mana yang katanya dari DPP ?.Inikan akal akalan semua.”Kata Lalu Syamsul Rijal.

Oleh karena itu selaku kader dan pengurus DPD NasDem sekaligus ketua Bappilu mudah -mudahan bacaleg yang sementara di godok itu mendapat tempat di hati masyarakat.

Untuk saat ini yang sudah melapor kepada kami sudah ada empat kader yang akan mundur diantaranya saya sendiri selaku ketua Bappilu DPD NasDem Kabupaten Mamuju, kakak Dahlan selaku ketua OKK, Ibu Soraya dan Oktavianus dan mungkin masih banyak yang lain. Bahkan ada beberapa bacaleg di dapil ditambah langsung tanpa melalui DPD .”Sebut Lalu Syamsul

Surat Pengunduran Diri Salah Satu Kader NasDem
Surat Pengunduran Diri Salah Satu Kader NasDem

Dan saya garis bawahi bahwa sampai saat ini itu tidak ada pleno di tingkat DPD itu dikarenakan selalu ada perubahan . Toh kalau ketua dan sekertaris bertanda tangan itu hanya sebatas administrasi. Selain itu proses rekrutmen bacaleg itu sangat jauh dari semangat restorasi dan tidak mengutamakan kader.”Ujarnya.

Sementara secara terpisah ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Mamuju Abd Malik Ballako saat dikonfirmasi atas keputusan sejumlah kader partai NasDem untuk mundur mengatakan, tentu kita sangat menyayangkan atas adanya rencana teman – teman untuk mundur seperti pak Lalu dan beberapa kader terbaik.

Saya berharap bahwa hal ini bisa dipertimbangkan lagi, dan tentu kita berharap bisa bersama – sama membesarkan partai ini, namun disatu sisi kita tidak bisa melarang atau mengintervensi atas sikap yang diambil oleh teman – teman.”Simpul Malik Ballako Jumat (22/6).

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda