Habsi Janji Tingkatkan kinerja keuangan Dibidang Pendapatan

0
Drs.Habsi Wahid, MM (Bupati Mamuju) saat menyampaikan jawaban pandangan umum fraksi. Sumber Foto : IL.

Mamuju, – SuryatopNews.com – Sorotan dari sejumlah Fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Mamuju terkait pencapaian kinerja keuangan di bidang pendapatan tahun 2017 mendapat jawaban dari Bupati Mamuju.

Bupati Mamuju Drs Habsi Wahid,MM mengatakan, atas apa yang menjadi pandangan fraksi maka kita akan mencoba meningkatkan pendapatan daerah yang sementara ini kita baru sekitar 87 persen.

“Dan ketika kita bandingkan dengan potensi – potensi yang ada maka tentu akan dilakukan intensifikasi terhadap pemungutan PAD yang berkaitan dengan pajak maupun retribusi dan perda yang mengatur tentang tarif akan disesuaikan dengan yang ada.”Terang Habsi.

Saat ditanya apa yang menjadi kendala atas pencapaian asli daerah Habsi menyebut “kita akui bahwa dalam pencapaian pendapatan asli daerah yang masih mengalami kendala itu disebabkan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak daeerah dan retribusi.”Kata Habsi.

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini juga masih terdapat rancangan peraturan daerah terkait pendapatan yang telah diajukan ke DPRD Kabupaten Mamuju yang sampai sekarang belum disahkan.

Selain itu dalam pendapatan terdapat komponen pajak yang salah satu jenisnya PBB – P2 masih perlu diperjelas objeknya.”Imbuhnya.

Program ekstensifikasi pajak melalui penyempurnaan tarif belum dilakukan, sementara untuk dana perimbangan yang terealisasi sebesar Rp.969.429.846.295,08 dari target sebesar Rp 1.047.978.944.332,58 atau sebesar 92,50 persen yang disebabkan karena memang tidak ada jaminan dana perimbangan akan terealisasi 100 persen.”Papar Habsi.

Itu tergantung dari realisasi penerimaan negara dan pagu yang telah ditetapkan sesuai dengan PMK yang telah disampaikan oleh kementrian keuangan, demikian pula halnya terhadap lain – lain pendapatan daerah yang sah yang hanya terealisasi sebesar Rp 43.980.851.624,00 dari target sebesar Rp 44.917.620.000,00 atau sebesar 97,91 persen.”Urai Habsi Wahid.

Dari hal ini, maka tentu kinerja keuangan kita dibidang pendapatan perlu ditingkatkan.”Kunci Habsi Selasa (31/07).

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda