Bimtek Aplikasi Pilkada Serentak Situng.

0

SuryatopNews.com (MC) Jakarta Sebanyak 260 Kabupaten/kota dan 9 provinsi yang melaksanakan Pilkada serentak 2015,Mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi pilkada serentak,tata cara penghitungan suara dengan sistem komputer yang dilaksanakan oleh KPU RI bertempat di Swiss Bell Hotel Mangga besar jakarta dari tanggal 11 s/d  13 november 2015.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik dan didampingi oleh 5 komisioner lainnya minus 1 komisioner serta sekjen KPU RI.

Peserta yang dihadirkan pada kegiatan Bimtek ini adalah komisioner yang membidangi devisi program,data dan informasi dan 1 orang operator situng.

Dalam sambutannya Husni Kamil Manik menegaskan, ”sesuai dengan amanah UU dan PKPU,bahwa salah satu tugas KPU adalah melaksanakan perhitungan suara,oleh karena kegiatan Pilkada harus ditargetkan berjalan sukses tampa ada temuan dari panwas” ujar Husni.

Ditempat yang sama Feri Kurniawan salah satu komisioner juga menjelaskan ”ada 3 proses perhitungan suara,yang pertama transparansi hasil pemilu,kedua partisipasi masyarakat, dan ketiga akurasi hasil pemilu”,pungkas Fery.

Ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdang Dangkang, salah satu peserta dari kegiatan ini,mengatakan, ”Bimtek aplikasi Pilkada serentak tersebut tidak jauh berbeda dengan Bimtek Pemilu sebelumnya dimana materi yang disampaikan khususnya kepada operatortentang cara mengscam C1/pindai C1 dan tata cara pengisian hasil C1 kedalam aplikasi,namun yang berbeda dari aplikasi ini,masyarakat sudah bisa langsung mengetahui sementara hasil atau jumlah suara yang diperoleh oleh masing-masing Paslon”,ujar Hamdan.

Dengan sistem tersebut,ini merupakan salah satu bentuk Transparansi KPU juga sekaligus keterbukaan akses terhadap masyarakat dan unsur yang berkepentingan terhadap hasil pemungutan suara pada 9 desember nantinya.

”kami akan upload semua hasil C1 di tingkat TPS, sehingga C1 yang pemilu-pemilu sebelumnya banyak perbedaan dengan sistem tersebut masyarakat sudah bisa memantaunya jikalau ada perbedaan antara C1 yang dimiliki dan telah diupload oleh KPU dengan C1 yang dimiliki oleh masing-masing saksi Pasangan Calon,bukan hanya C1 yang kami publikasikan,termasuk formulir hasil rekap di tingkat PPK dan rekap ditingkat KPU Kabupaten”,pungkas Hamdan.

Pada pilkada tahun ini diikuti sebanyak 687 0rang dari jalur partai politik dan 136 dari jalur perseorangan, dengan 159 orang merupakan petahana.(ad).

SuryatopNews.com

Comments

Tinggalkan Komentar anda