Andi Ruskati Gelar Kunjungan Di Desa Sumare

0
Narasumber

Mamuju,- SuryatopNews.com –
Dalam kegiatan peringatan hari anak nasional dengan tema “Kita cegah pernikahan anak usia dini di Provinsi Sulbar” cukup mendapat antusias dari masyarakat Desa Sumare Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Masyarakat Desa Sumare .
Masyarakat Desa Sumare .

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Sumare yang turut dihadiri oleh Hj.Halima.S.Pd.M.Pd selaku Ketua Pimpinan Daerah Aisyiah Kabupaten Mamuju,Hajrul Malik sebagai Ketua Pokja Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini Kabupaten Mamuju, Diana Ritonga salah satu anggoota DPRD Kabupaten Mamuju Tengah serta Hj.Andi Ruskati Ali Baal Masdar selaku anggota DPR RI berjalan baik.

Hj. Andi Ruskati Ali Baal, Hajrul Malik , Diana Ritonga Dan Narasumber Lainnya.
Hj. Andi Ruskati Ali Baal, Hajrul Malik , Diana Ritonga Dan Narasumber Lainnya.

Hajrul Malik yang merupakan Ketua Pokja Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini Kabupaten Mamuju dalam pertemuan tersebut mengatakan, Sulawesi Barat saat ini kita menjadi salah satu Provinsi yang berada diangka tertinggi pernikahan diusia dini.

” Angka pernikahan anak usia dini sejak 2013 sampai sekarang belum bisa kita turunkan, dan mudah-mudahan di pemerintahan ABM – Enny angka ini bisa diturunkan se Sulawesi Barat, walaupun sampai saat ini Mamuju yang menjadi percontohan.”Kata Hajrul.

Lebih jauh Hajrul menjelaskan bahwa perlu diketahui satu – satunya daerah yang terbentuk Pokja pencegahan pernikahan di usia dini di Indonesia itu baru Mamuju, dan 6 bulan terakhir ini kita bekerja dan Alhamdulillah kita sudah mendapat penghargaan dalam upaya mencegah pernikahan anak usia dini.

” Penting untuk dipahami bahwa kenapa pencegahan pernikahan usia dini harus menjadi fokus kita bersama, karena ini tentu berkenaan dengan upaya mendukung program pemerintah.”Jelas Hajrul.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kita juga harus memperhatikan pendidikan anak – anak kita kedepan, agar tidak mudah terpengaruh dalam dunia pergaulan bebas dan penyalah gunaan narkoba, karena hal ini juga bisa memicu pernikahan usia dini.

Pada kesempatan tersebut Hajrul juga membeberkan angka anak usia dini yang melahirkan di Kabupaten Mamuju dari Januari sampai Agustus 2017 sejumlah 80 anak yang melahirkan dari usia 13 tahun sampai 20 tahun yang tercatat di Rumah Sakit Daerah Kabupaten Mamuju.

Sementara itu ditempat yang sama salah satu anggota DPR RI Dra Hj. Ruskati Ali Baal Masdar menyampaikan beberapa pesan bahwa, terkhusus di Sulawesi Barat kita masih berada pada angka tertinggi pernikahan anak usia, dini sehingga hal ini harus menjadi perhatian pemerintah dalam menekan hal tersebut.

“Dibebepa daerah yang saya kunjungi khususnya di Sulawesi Barat kita masih banyak menemukan masyarakat yang punya anak sekitar 5 dengan umur 20 Tahun, sehingga ini perlu kita sampaikan bahwa program keluarga berencana yang dicanangkan oleh pemerintah harus selalu gencar dilakukan.”Terang A.Ruskati Ali Baal.

“Selain itu sektor pendidikan turut menjadi perhatian anggota DPR RI ini, dirinya berharap masyarakat harus senantiasa melahirkan kesadaran akan pentingnya pendidikan kepada anak – anak sebagai generasi pelanjut.

“‘Pada kesempatan itu juga Istri Gubernur Sulawesi Barat ini menjelaskan, bahwa sebagai seorang perempuan kita harus mampu mendidik anak – anak kita kedepan, khususnya bagi perempuan.

Sekertaris Desa Sumare Dan Dan Tokoh Masyarakat Terlihat Hadir Dalam Kegiatan Tersebut.
Sekertaris Desa Sumare Dan Dan Tokoh Masyarakat Terlihat Hadir Dalam Kegiatan Tersebut.

” Kita harus mampu menanamkan dalam pemikiran bagi generasi kita kedepan bahwa semuanya bisa jadi pemimpin, seperti Bupati, Gubernur dan anggota DPR RI seperti saya, bukan hanya kaum laki – laki.” Kata Andi Ruskati.

“Jika ada cara pandang bahwa perempuan itu harus selalu berkutat diranah domestik seperti kasur, sumur dan dapur itu bukan jamannya lagi, tetapi perempuan juga harus bangkit karena dia merupakan tiang negara.” Ujar Andi Ruskati.

Lewat momentum ini saya ingin sampaikan bahwa, bagi kita semua agar ikut bersama – sama mencegah pernikahan usia dini sebagai salah satu cara kita untuk membawa masyarakat lebih sejahtera, fokus pada bagaimana upaya kita tetap memprioritaskan pendidikan bagi anak – anak kita .” Simpul Andi Ruskati Minggu (5/07).

Untuk diketahui bahwa meski tak dihadiri oleh kepala Desa Sumare, masyarakat dan sujumlah tokoh masyarakat terlihat antusias menyambut kehadiran Andi Ruskati Ali Baal pada kegiatan tersebut.

Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda