Seminar Keagamaan, Manakarra Progresif Dan Ipmapus Hadirkan M.U.I Dan Akademisi .

0

SuryatopNews.com – MAMUJU – Organisasi Kemahasiswaan yakni Manakarra Progresif Sulbar dan Ipmapus Sulbar Cabang Mamuju gelar seminar keagamaan dengan tema “Peran Generasi Muda Islam Dalam Pengutan Nilai Rahmatan Lil Alamin Untuk menangkal Aksi kekerasan yang mengatasnamakan Agama yang dipusatkan di Hotel Mamuju Beach Mamuju Rabu (28/09).

Seminar yang dihadiri oleh beberapa organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan ini, mengahadirkan perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia Sulbar, unsur akademisi, perwakilan kepemudaan dan pemerhati sosial selaku narasumber.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulbar Drs H Abd Mannang Usa,Msi dalam menyampaikan materinya mengatakan, wacana islam sebagai rahmatan Lil Alamin dalam menangkal aksi kekerasan yang mengatas namakan agama tentu sangat dibutuhkan khususnya bagi semua elemen pemuda dan Mahasiswa yang ada di Sulbar.

” Saat ini memang sesuai dengan perkembangan zaman berbagai paham yang muncul yang mengatas namakan agama memang sudah cukup banyak,sehingga kita harus mampu memperdalam ilmu – ilmu agama sebagai benteng pertahanan kita,Ujar H Abd Mannang Usa.

Bicara radikalisme dan aksi kekerasan yang mengatas namakan agama memang dubutuhkan pengetahuan agama yang mumpuni.” Sebut Wakil Ketua MUI Sulbar ini.

Selaku perwakilan dari Unsur akademisi Rahmat Idrus SH,MH juga mengatakan, isu radikalisme tentu kita harus memahami apa makna dari radikalisme itu sendiri, banyak hal – hal yang perlu kita telaah secara kritis bahwa aksi teror bukan hanya datang dari agama islam tetapi diluar agama islampun itu ada.” jelas Rahmat Idrus,SH,MH.

Kita berharap seluruh elemen mahasiswa agar tetap membentengi diri dari bahaya radikalisme dan kekerasan yang mengatas namakan agama.”sambung Rahmat yang juga merupakan praktisi hukum ini.

Ditempat yang sama salah satu Aktifis Sosial Syarifuddin Mandegar juga mengatakan bahwa , isu kekerasan atas nama agama memang telah menjadi penomena saat ini, sehingga apa yang disampaikan oleh M.U.I untuk memperdalam ilmu agama kita sepakat.

Selain itu saling menghargai antara sesama pemeluk agama,sesama manusia bukan justru saling menyalahkan apalagi saling mengkafirkan sebab ini akan menjadi pemicu konflik.papar Syarifuddin Mandegar.

Senada dengan itu Ketua KNPI Mamuju Muh Amril Dg Marrui juga mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Manakarra Progresif dan Ipmapus Cabang Mamuju.

“Kita apresiasi kegiatan seperti ini,sebab ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman akan pentingnya wacana wacana seperti ini yakni isu kekerasan dan radikalisme,tegas pria yang akrab disapa Bung Rio.

Pada intinya kekerasan,radikalisme yang mengatas namakan agama tentu kita secara bersama sama menolak itu.”kunci Amril Dg Marrui.

Man / Adi .

Comments

Tinggalkan Komentar anda