Pemuda Kreatif, Sulap Botol Plastik Bekas Menjadi Perahu Kecil.

0

SuraytopNews.com – MAMUJU – Botol Plastik bekas yang terkadang kita temui di beberapa tempat yang ada di Mamuju ini, seolah tidak dapat dimanfaatkan lagi jika kita hanya melihat secara sederhana, Namun lain halnya bagi para pemuda yang memiliki kreatifitas untuk memanfaatkan barang – barang bekas seperti Botol Plastik tersebut.

Saat ini kita sedang berada dalam pusaran Masyarakat Ekonomi Acean yang dimana tentu hal ini akan mempengaruhi banyak orang terutama pekerja yang berkecimpung pada sektor keahlian khusus, sehingga inilah yang merupakan cambukan khusus bagi para pemuda yang tergabung dalam Laskar Pemuda HW Creatif untuk melakukan sebuah terobosan baru dalam memanfaatkan barang- barang bekas seperti Botol Plastik yang disulap menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan serta bernilai ekonomis.
Muh Mafru Amri, SE , yang merupakan Ketua Laskar Pemuda HW Creative saat sedang bergulat dengan ribuan Botol plastik Bekas untuk dirancang menjadi sebuah perahu kecil dikediamannya mengatakan, Ada hal yang terkadang dianggap sepeleh oleh kita, dimana banyaknya barang bekas seperti Botol Plastik itu sebenarnya dapat kita manfaatkan dengan baik jika ditangani oleh para pemuda kreatif.
Seolah tak kenal lelah, Ketua Laskar Pemuda HW Creative ini terus bekerja menyalurkan Hasrat kreatifitasnya merangkai Botol Plastik menjadi sebuah perahu kecil yang ditemani dengan Secangkir Kopi dan sebungkus Balutan Nikotin Clas Mild mengatakan, kami hanya segelintir dari pemuda yang memiliki kesadaran akan pentingnya pemanfaatan barang – barang bekas untuk dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. Banyak botol Plastik seperti Aqua, Sprite, Coca Cola dan lain – lain yang hanya akan menjadi tumpukan sampah di kota ini jika kita tidak mau membuat terobosan baru.
Sembari menikmati seduhan kopi dan isapan rokok yang terselip diselah – selah jarinya, bapak satu anak ini menyandarkan badannya ke tembok dan mengatakan, ” Saya bersama dengan beberapa teman – teman sudah mengumpulkan ribuan botol plastik yang bersumber dari beberapa donatur dan juga kami beli dari saudara – saudara kita yang memiliki pekerjaan seperti Pemulung, dan Insya Allah perahu kecil dari Botol Plastik ini dapat dimanfaatkan ditempat – tempat wisata seperti permandian Kali Mamuju dan tempat lain.
Tak berselang lama kemudian Muh Mafru Amri, SE, berbincang dengan SuryatopNews, muncullah sosok pria yang berumur sekitar 50 Tahun yakni DG Tolang dengan becak tuanya membawa beberapa Botol Plastik Bekas dan mengatakan, ” Tabe Adami ini yang saya kumpul nak beberapa Botol ” yang mencoba memecah perbincangan dengan Ketua Laskar Pemuda HW Creative ini.
Dengan Wajah yang penuh rasa bahagia, Pria yang akrab disapa Appi ini menghampiri Dg Tolang dan memberikan upah atas kerjanya untuk mengumpulkan Botol-Botol Plastik tersebut. Dan setelah itu Dg Tolang kemudian kembali memutar becak tuanya dan berpamitan pulang menuju rumahnya.
Beberapa menit kemudian Muh Mafru Amri menghitung jumlah botol yang dibawah si pak tua tersebut sembari mengatakan, tadi bapak itu adalah pemulung, saya membeli botol- botol plastiknya, sekalian kita berbagi Rezky kepada sesama, apalagi menurut penuturan Dg Tolang terkadang harga barang bekas seperti Botol Plastik ditempat sebelumnya ia jual sangat murah, sehingga saya berinisiatif untuk sedikit memberi harga yang diatas.
Saatnya kita menunjukkan kreatifitas kita di masyarakat, dengan memanfaatkan botol Plastik bekas ini tentu juga sebagai upaya untuk membantu pemerintah Kabupaten Mamuju dalam rangka mewujudkan Program Gerakan Mamuju Mapaccing, sebab jika tidak dimulai dari sekarang maka kapan lagi, dan kami harapkan bahwa jika ada Botol Plastik Bekas ditempat manapun di kota Mamuju ini mohon di ambil dan di kumpul nanti kami yang menjemputnya.”tutup Muh Mafru Amri, SE . Kamis 05/05/16 .
Adi.

Comments

Tinggalkan Komentar anda